Kapolda Sumut Ungkap Penemuan Ladang Ganja Melalui Bantuan Kemajuan Teknologi, Ketua DPRD Minta Masyarakat Hentikan Berladang Ganja


 

Kapolda Sumut Ungkap Penemuan Ladang Ganja Melalui Bantuan Kemajuan Teknologi, Ketua DPRD Minta Masyarakat Hentikan Berladang Ganja

Kamis, 16 Mei 2024

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, SIK., SH., MSi ungkap penemuan ladang ganja, Kamis (16/05/24).

Metro7news.com|Madina - Pada kunjungan kerja Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, SIK., SH., MSi ke Polres Madina sekaligus melaksanakan pers rilis terkait penemuan ladang ganja di Wilayah Kecamatan Panyabungan Timur dan Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (16/05/24).


Dalam rangkaian pers rilis yang digelar Kapolda Sumut tersebut memaparkan penemuan ladang ganja di wilayah pegunungan Tor Sihite, Kecamatan Panyabungan Timur dan Kecamatan Tambangan dibantu melalui pelacakan Citra Satelit. 


Di zaman serba canggih dan kemajuan teknologi segala sesuatu yang ditanam pada permukaan tanah dapat di kesan dan diketahui jenis tanamannya.


Pengungkapan ladang ganja di kawasan pegunungan Tor Sihite berkat kerja sama Polda Sumut dan Polres Madina yang berkolaborasi dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), melalui teknologi pendeteksian jenis tanaman diatas permukaan tanah dapat di kesan semua jenis tanaman yang ada di kawasan Tor Sihite.


"Ke Depan polisi tidak harus melakukan pencarian lokasi lagi untuk menemukan ladang ganja, melalui peralatan canggih BRIN sudah dapat diketahui apa yang ditanam dan dimana tempatnya" sebut Kapolda Sumut.


Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Madina, H Erwin Efendi Lubis, SH juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan penanaman ganja di manapun dikawasan Mandailing Natal ini.


Dirinya, mengajak masyarakat untuk beralih dengan bercocok tanam sayuran serta buah yang dapat menopang perekonomian.


"Selaku Ketua DPRD Madina, saya berharap agar masyarakat dimana pun berada, khususnya Wilayah Madina ini untuk tidak lagi melakukan penanaman ganja yang hanya akan membuat kerugian dan permasalahan hukum," ungkapnya.


Lebih lanjut H Erwin Efendi Lubis, SH mengatakan, bahwa dengan kemajuan teknologi pemberantasan perladangan ganja akan lebih mudah untuk ditindak.


Namun, tanpa kebersamaan dan kerja sama yang kuat Polisi tidak akan dapat memberantas perladangan ganja dan peredaran narkoba di Kabupaten Mandailing Natal.


"Kebersamaan dan kerja sama yang kuat yang akan dapat memberantas perladangan ganja dan narkoba di Kabupaten Madina ini," ungkapnya.


(MSU)