Kejar Mimpi Surabaya By CIMB NIAGA Membangun Harmoni Pesisir melalui Kegiatan Penanaman Mangrove di Surabaya


 

Kejar Mimpi Surabaya By CIMB NIAGA Membangun Harmoni Pesisir melalui Kegiatan Penanaman Mangrove di Surabaya

Senin, 24 Juni 2024


                           Penulis : Amanda Shahla


Komunitas Kejar Mimpi Surabaya baru saja menyelesaikan kegiatan Harmoni Pesisir dengan tema “Satu Mangrove Satu Harapan untuk Masa Depan” yang menjadi langkah positif dan sejalan dengan salah satu pilar Kejar Mimpi Surabaya yaitu pilar lingkungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem biota pantai dan laut. Acara ini diadakan secara langsung pada tanggal 22 Juni 2024 di Pantai Gunung Anyar Tambak.


Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, Kejar Mimpi Surabaya juga menggandeng Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai kolaborator, dan Bank Sampah Bintang Mangrove sebagai pembimbing. Turut serta juga UK PERSMA GITA UPNVJT, memperkuat semangat anak muda dalam mengambil peran aktif dalam pelestarian lingkungan. Kegiatan ini dibagi menjadi 7 sesi acara, sesi pertama adalah pembukaan, sesi kedua adalah mobilisasi ke tempat penanaman mangrove menggunakan kapal, sesi ketiga adalah melakukan penanaman mangrove, sesi keempat adalah mobilisasi ke pantai, sesi kelima melakukan pembersihan pantai, sesi keenam mobilisasi pulang, dan penutupan sebagai sesi terakhir. 


Ketika sesi penanaman mangrove berlangsung, peserta menerima pelatihan dari perwakilan Bank Sampah Bintang Mangrove, yang dipimpin oleh Bu Chusniyati. Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua peserta memahami dengan baik tata cara yang tepat dalam penanaman bibit mangrove. Dengan demikian, diharapkan kegiatan penanaman mangrove dapat berjalan lancar tanpa hambatan yang signifikan. 


Kegiatan ini memiliki makna penting bagi Komunitas Kejar Mimpi Surabaya serta para peserta muda lainnya, karena meningkatkan kesadaran masyarakat tentang degradasi kawasan pantai. Permasalahan ini tidak hanya berdampak pada ekosistem laut, tetapi juga berpengaruh terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar pantai. Melalui partisipasi aktif dalam kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan sekitar mereka.


Kegiatan ini berhasil menarik perhatian 40 audiens yang hadir, yang tampak sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapnya. Semangat peserta terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam kegiatan penanaman mangrove dan pembersihan pantai. Deka, perwakilan dari BEM FISIP UPN “VETERAN” Jawa Timur, menyampaikan pandangannya, "Dengan program Harmoni Pesisir ini, kita belajar cara menanam mangrove dan pentingnya menjaga serta memilah sampah dengan baik.


Ibu Chusniyati yang merupakan pengurus Bank Sampah Bintang Mangrove dan Sekolah Sungai berpesan bahwa, “Mudah-mudahan kegiatan program Harmoni pesisir ini tidak berhenti disini dan semoga menjadi motivasi bagi para anak muda untuk melakukan kegiatan penanaman mangrove/pohon yang lainnya agar nantinya bisa menghasilkan tabungan oksigen yang banyak”. 


Vice Leader Kejar Mimpi Surabaya, Fadli, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran strategis dalam menjaga kesehatan ekologi pantai dan mendukung keberlanjutan hidup komunitas sekitar yang sangat bergantung pada ekosistem ini.

Tentang Kejar Mimpi 

Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari Gerakan #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skill kepemimpinan dan volunteering. #KejarMimpi memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia. Saat ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 1000 anggota aktif. Sejak berdiri hingga kini.


Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.600 kegiatan serta menginspirasi lebih dari 185.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu Pendidikan, lingkungan, filantropi dan pembangunan ekonomi sosial. 


Pertanyaan Media Public Relation Komunitas Kejar Mimpi Surabaya : surabayakejarmimpi@gmail.com