F.SPTSI-K.SPSI Sosialisasikan Pengawasan dan Pengaduan Ketenagakerjaan Perkebunan-TKBM


 

F.SPTSI-K.SPSI Sosialisasikan Pengawasan dan Pengaduan Ketenagakerjaan Perkebunan-TKBM

Senin, 15 Juli 2024


Ketua Umum PP. F.SPTPSI-K.SPSI HM. Jusuf Rizal SE, Msi dan Bendahara Ranti E. Tanjung Diabadikan bersama Panitia Nasional Sosialisasi Pengawas dan Pengaduan Ketenagakerjaan dikordinir Ketua PD.FSPTSI Sumut Febri Dalimunte, ST dan Sekretaris AF. Fauzi. (dok. St).

Metro7news.com|Medan - Sebagai bukti dari profesionalitas dalam berorganisasi, F.SPTSI-K.SPSI sebagai sebuah organisasi profesi non informal (non majikan) melaksanakan Sosialisasi Pengawas dan Pengaduan Ketenagakerjaan  Perkebunan. Kepada para pekerja perkebunan Sawit serta pekerja sektor transportasi khususnya Tenaga Kerja Buruh Bongkar Muat (TKBM).


Hal itu disampaikan Ketua Umum  PP Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, HM Jusuf Rizal SE, M.Si didampingi Bendahara Ranti E Tanjung (Bendahara Umum), dan panitia lokal dikoordinir Ketua PD F.SPSTI Sumut Febri Dalimunte, ST dan Sekretaris AF Nasution, kepada wartawan, Senin(15/07/24).


H.M Jusuf Rizal mengatakan, bahwa saat ini dunia kerja di tanah air tengah menghadapi fenomen globalisasi yang pada akhirnya menempatkan tenaga pekerja manusia (manual), harus berhadapan dengan mesin-mesin dan AI. Yang tentunya, pada satu ketika banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan, karena posisinya digantikan mesin. 



“Karena itu para pekerja harus meningkatkan ketrampilan dan sumber dayanya, hingga masih tetap dibutuhkan. F . SPTSI mendorong peningkatan sumber daya manusia pekerja itu, agar anggota F.SPTSI dapat bertahan menghadapi globalisasi yang tidak dapat dihindari ini," ujar HM. Jusuf Rizal. 


Itulah sebutnya, salah satu dari peningkatan kompetensi sumber daya tenaga kerja itu, dengan melakukan sosialisasi Pengawas dan Pengaduan Ketenagakerjaan Perkebunan, yang akan dilaksankan, Rabu (19/07/2024) mendatang di ruangan Aula Raja Inal Siregar di Lantai III Kantor Gubernur Sumatera Utara di Jalan P. Diponegoro Medan. Dan nantinya akan dibuka langsung oleh Wakil Menteri Tenaga Kerja, Ir. Afriansyah Noor, M.Si, IPU, secara zoom. 


“Karena sorenya, Wamenaker akan berangkat keluar negeri, maka beliau yang awalnya akan bergabung dengan kader-kader F.SPTSI, akan membuka kegiatan secara zoom," sebut HM. Jusuf Rizal. 


Dipaparkan oleh HM Jusuf Rizal, F.SPTSI-K.SPSI terus menjalankan perannya sebagai organisasi asosiasi pekerja non informal, dengan terus membangun kepercayaan dari keanggotaan, hingga jumlah anggota yang terus bertambah setiap tahunnya menjadi modal utama dalam mengelola organisasi.


Hingga otomatis anggaran organisasi yang berasal dari internal (anggota F. SPTSI), akan terus bertambah, hingga organisasi dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh para anggota guna menghadapi kerasnya persaingan dalam dunia kerja. 


“Sosialisasi Pengawas dan Pengaduan Perkebunan ini, membuktikan meskipun dalam berorganisasi kita mengalami berbagai dinamika dan perbedaan pandangan dalam pengaplikasian tujuan dalam organisasi, tapi tujuan utama kita melindungi para pekerja, meningkatkan sumber daya manusia pekerja, dan menaikkan standar kesejahteraan pekerja dari peningkatan SDM pekerja terus dilaksanakan," ujar HM. Jusuf Rizal. 


Diinformasikan kembali oleh HM Jusuf Rizal F.SPTSI-K.SPSI telah melaksanakan rekonsialiasi hingga tidak ada lagi konflik dan faksi-faksi atau kubu-kubuan, seperti yang terdengar sebelumnya. 


“Saat ini PP. F.SPSTI-K.SPSI  dengan Ketua Umum saya (HM. Jusuf Rizal) sudah melaksanakan rekonsiliasi dan mengangkat Surya Kalvin sebagai Sekretaris Umum serta Karmen Siregar menjadi penasehat," sebut HM. Jusuf Rizal. 

 Diikuti Seluruh PC F.SPTSI


Ketua PD. FSPSTI-KSPSI Sumatera Utara Febri Dalimunte, ST memaparkan, kegiatan sosialisasi Pengawas dan Pengaduan Ketenagarkerjaan Perkebunan ini, diikuti oleh seluruh Pimpinan Cabang F.SPTSI yang ada di Sumatera Utara. Karenanya Febri berharap agar ilmu dan pengetahuan yang nantinya diperoleh dapat disebarluaskan di kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara. 


Diinformasikannya, sebelum kegiatan sosialisasi Pengawas dan Pengaduan Ketenagakerjaan dilaksakanakan, Rabu (19/07/2024) mendatang. PP F.SPTSI-K.SPSI juga melakukan kunjungan kerja ke sejumlah mitra kerja dan kepengurusan F.SPTSI-K.SPSI yang ada di beberapa kegiatan proses produksi, baik yang dikelola oleh swasta maupun dikelola oleh BUMN dan pemerintah daerah.  Serta ikut bersama-sama melahirkan dan mendeklarasikan Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit Mitra Perkebunan Sumatera Utara. 


“Kita ucapkan juga terima kasih kepada Plt. Gubsu, para Walikota dan Bupati yang telah ikut aktif dalam kegiatan Sosialisasi Pengawas dan Pengaduan Ketenagakerjaan ini. Para pimpinan perusahaan yang menjadi mitra kerja F.SPTSI-K.SPSI dan BPJS Ketenagakerjaan yang selalu siap menjadi mitra F.SPTSI-K.SPSI," tutup Febri Dalimunte.


(fitri)