Masyarakat Minta Plh Sekda Asahan Copot Rangkap Jabatan Camat Teluk Dalam

Masyarakat Minta Plh Sekda Asahan Copot Rangkap Jabatan Camat Teluk Dalam

Selasa, 16 Juli 2024

Camat Teluk Dalam rangkap jabatan menjadi Plt Kades Pulai Maria, Kabupaten Asahan.

Metro7news.com|Asahan - Rangkap jabatan yang dipegang oleh Camat Teluk Dalam, Kabupaten Asahan, Mahyuni Z Bugis, S.STP., M.I.Kom mendapat sorotan dari sejumlah pihak, khususnya masyarakat Desa Pulau Maria, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Asahan. 


Pasalnya, selain sebagai Camat, Mahyuni Z Bugis juga menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa Pulau Maria, Kecamatan Teluk Dalam. Akibat rangkap jabatan yang diembannya itu, banyak urusan kecamatan maupun urusan desa yang tidak efisien bahkan terbengkalai. 


Salah seorang sumber, warga Teluk Dalam yang tak ingin namanya disebutkan, kepada media mengungkapkan, akibat rangkap jabatan yang dipegang oleh camat, membuat pelayanan pengurusan surat hak milik tanah (SHM) di kantor kecamatan menjadi terkendala. 


Saat sumber mencari tau, ternyata alasan terlambatnya urusan penerbitan SHM di kantor kecamatan akibat adanya hubungan yang kurang harmonis antara camat dengan salah seorang kepala desa yang ada di Kecamatan Teluk Dalam.  


"Harusnya satu minggu SHM bisa siap, tapi harus menunggu hampir satu bulan lamanya. Setelah kami selidiki, ternyata camatnya sedang tak akur dengan kepala desa kami, sehingga berimbas kepada penerbitan SHM," ungkapnya, Senin (15/07/24).


Sumber juga membeberkan bahwa selama Mahyuni Z Bugis menjabat sebagai Plt Kades Pulau Maria, hingga kini masih belum diketahui APBDes Pulau Maria Tahun Anggaran 2024 ini akan digelontorkan untuk bangunan fisik apa saja.


"Aneh aja, masak dia camat, dia juga Plt Kades. Itu sama artinya dengan dia pengguna anggaran, dia juga sebagai pengawas. Kalau sudah seperti itu, kita menduga camat akan lebih leluasa bermain," kata sumber menyebutkan. 


Terkait hal itu, sumber pun meminta agar Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. Zainal Aripin Sinaga, MH segera mencopot jabatan Plt Kades Pulau Maria dari Mahyuni Z Bugis dengan segera. 


"Agar lebih transparan dan efisien, masyarakat meminta agar Plh Sekda Asahan segera mengevaluasi dan mencopot rangkap jabatan yang dipegang oleh camat. Kan masih banyak yang lain, kenapa harus dia langsung yang pegang kendali," tandasnya.


Hingga berita ini ditayangkan, wartawan belum berhasil melakukan konfirmasi kepada Camat Teluk Dalam Mahyuni Z Bugis, S.STP, M.I.Kom. Saat dikonfirmasi melalui seluler, ternyata Mahyuni telah memblokir nomor ponsel wartawan. 


Sama halnya dengan Plh Sekdakab Asahan, berulang kali wartawan menghubungi nomor ponselnya, namun Plh Sekda belum bersedia menjawab.


(ds)