Bank Sampah Induk 54 Sagala Terima Penghargaan Lingkungan Dari Pemkab Deli Serdang


 

Bank Sampah Induk 54 Sagala Terima Penghargaan Lingkungan Dari Pemkab Deli Serdang

Senin, 05 Agustus 2024


Direktur BSU Sagala 54 Bendry Sagala diabadikan bersama Pj Bupati Deliserdang dan Kadis LH Deliserdang Elinasari Nasution, SP. (ist)

Metro7news.com|Medan - Bank Sampah Induk Sagala 54 kembali menerima penghargaan dari Pemkab Deli Serdang, seiring aktifitasnya dalam ikut mengurangi dan mengelola persampahan, khususnya sampah dan limbah plastik di kawasan Sunggal. 


Apresiasi Pemkab Deli Serdang dengan memberikan piagam penghargaan berbentuk sertifikat itu, dilaksanakan dalam peringatan Hari Lingkungan HIdup Sedunia, yang dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tadukan Raga, Kecamatan STM Hilir, Jum'at (02/08/24).


Pejabat Bupati Deli Serdang,  Ir H Wiriya Al Rahman, MM langsung menyerahkan sertifikat yang ditandatanganinya selaku Pj Bupati, dan diberikan langsung kepada para pihak yang menerima apresiasi, seperti kalangan dunia usaha, penggiat lingkungan dan penggiat persampahan, termasuk Direktur Bank Sampah Induk 54 Bendy Sagala. 


Penghargaan tersebut diberikan dihadapan forum pimpinan daerah, kalangan pengusaha, serta para undangan yang hadir.  


Pejabat Bupati Deli Serdang,  Ir H Wiriya Al Rahman, MM dalam acara itu mengatakan, para penerima sertifikat penghargaan agar terus meningkatkan usaha serta upayanya dalam penanggulangan sampah ditempatnya masing-masing. 


Karena trend saat ini adalah bukan membuang sampah ketempat pembuangan akhir semata, tapi bagaimana mendaur ulang sampah hingga sampah yang dibuang pada akhirnya tidak ada sama sekali. 


“Prinsip lingkungan hijau dan daur ulang sebagai pelaksanaan dari pembangunan berkelanjutan. Adalah bagaimana memaksimalkan proses daur ulang sampah, dan meminimalkan sampah yang dibuang," ujar Wiriya Al Rahman. 


“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu mengelola persampahan dan limbah plastik di Deli Serdang ini, mudah-mudahan apresiasi yang kami berikan dapat lebih memotivasi bapak ibu semua mengentaskan sampah didaerahnya masing-masing," ucap Wiriya Al Rahman.


Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Elinasari Nasution, SP kepada wartawan memaparkan pihaknya terus melaksanakan berbagai usaha dan upaya bagi penanggulangan sampah, khususnya dalam daur ulang, seperti menggiatkan proses pembuatan pupuk buatan dan pupuk cair, demikian juga pembuatan maggot dan sejenisnya, serta melakukan inovasi dan terobosan agar visi dan misi Pemkab Deli Serdang, meminimalisir sampah hingga 0 persen dapat diwujudkan.


“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak ibu semuanya, mari kita terus bergandengan tangan mengurangi dan meminimlisir sampah didaerahnya masing-masing," sebut Elinasari Nasution, SP. 


Direktur Bank Sampah Bendry Sagala kepada wartawan menginformasikan, sebelumnya pada 7 Maret 2024 lalu, pihaknya dalam acara Hari Peringatan Aksi Bersih Negeri yang dilaksanakan di Kantor LH Deli Serdang juga telah menerima apresiasi atas kegiatan pengelolaan sampah dan limbah plastik untuk tahun kegiatan 2023 itu. 


Bendry yang beraktifitas di kawasan Sunggal Deli Serdang dan Helvetia Medan ini, sangat berbahagia kerja kerasnya di bidang persampahan mendapat apresiasi dari pemerintah daerah. 


“Mudah-mudahan niat meminimalisir sampah hingga 0 persen sampah dan limbah plastik, khsusnya di wilayah pengabdian saya yakni Desa Sunggal Kabupaten  Deli Serdang dan Helvetia Medan," tutup  Bendry berapi-api.


(fitri)