Ikatan Alumni SMP Negeri Garoga Angkatan 88 Meriahkan HUT RI 79


 

Ikatan Alumni SMP Negeri Garoga Angkatan 88 Meriahkan HUT RI 79

Minggu, 18 Agustus 2024


Ketua Alumni Angkatan 88 saat memberikan bingkisan hadiah kepada siswa-siswi tingkat SD dan SMP pada saat memperingati HUT RI ke-79 di Kecamatan Garoga, Taput.

Metro7news.com|Garoga - Ikatan Alumni SMP Negeri Garoga turut serta memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 di Lapangan Merdeka Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (17/08/2024). 


Selain ikut, yang menjadi peserta upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Ikatan Alumni Angkatan 88 (A-88) berpartisifasi memberikan hadiah kepada anak siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dapat juara ketika mengikuti perlombaan dalam memeriahkan HUT RI. 



Kegiatan ini di inisiasi Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri Garoga Tahun 1988, Baktiar Pasaribu beserta anggota alumni yang berdomisili di Kecamatan Garoga. 


Menurut Ketua Ikatan Alumni A-88 sebagai generasi penerus perjuangan sepatutnya harus ikut memperingati hari kemerdekaan. Satu bentuk wujud menghargai dan mengenang para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan. 


"Sebagai generasi penerus perjuangan kita sudah sepatutnya ikut memperingati hari kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan negara kita dari penjajah," kata Baktiar Pasaribu. 


Saat ini Bangsa Indonesia tidak lagi berperang secara fisik. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pahlawan terdahulu dalam mengatasi jajahan dari luar maupun dari dalam seperti kemiskinan, kebodohan dan masalah kesehatan. 


"Saat ini kita tidak berperang secara fisik akan tetapi kita harus bersemangat mewujudkan cita-cita para pahlawan agar terbebas dari penjajahan dari luar maupun dari dalam, kemiskinan, kebodohan dan sebagainya," tambah Baktiar Pasaribu. 


Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan Ikatan Alumni A-88 dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan berupa pemberian hadiah kepada anak siswa-siswi tingkat SD dan SMP yang mengikuti perlombaan bidang akademik. 


Hadiah berupa buku ditambah uang pembinaan diberikan kepada siswa- siswi tingkat SD yang dapat juara satu, dua, tiga, dan juara harapan yang mengikuti Lomba Bidang Studi (LBS). 


Adapun bidang studi yang dilombakan yakni Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKN. 


Sementara untuk siswa-siswi SMP diberikan hadiah berupa buku dan biaya pembinaan kepada juara satu, dua dan tiga Lomba Cerdas Cermat (LCC). Satu tim peserta LCC jumlahnya tiga orang. 


Dari giat yang dilakukan oleh Ikatan Alumni A-88 untuk memotivasi anak didik agar lebih bersemangat untuk belajar dan belajar. 


Dengan harapan kelak siswa-siswi sebagai generasi penerus dapat berbakti kepada orang tua, taat menjalankan agama dan berguna untuk nusa dan bangsa. 


Sedangkan, tujuan giat ini untuk memotivasi para siswa-siswi Kecamatan Garoga untuk belajar dan belajar, supaya dapat berkompetisi untuk tingkat kabupaten dan propinsi bahkan untuk tingkat nasional. 


"Kami kelak dapat mengisi perjuangan para pahlawan bisa berbakti kepada nusa dan bangsa," pungkas Ketua Ikatan Alumni SMP Garoga A-88, Baktiar Pasaribu. 


(Partanda Siagian)