LSM Jaga Marwah : PJ Bupati Deli Serdang Harus Ambil Sikap

LSM Jaga Marwah : PJ Bupati Deli Serdang Harus Ambil Sikap

Jumat, 30 Agustus 2024

Sekretaris LSM Jaringan Masyarkat Bawah (Jaga Marwah) Propinsi Sumatera Utara, Ucok Ridin.

Metro7news.com| Medan - Menyikapi suasana Pemilukada Kabupaten Deli Serdang yang akan dilaksanakan 27 Nopember mendatang, terlihat mulai memanas. Sebab salah seorang calon Bupati Deli Serdang merupakan ASN yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang diduga masih aktif.


Sementara, dalam kontestasi Pilkada 2024 Kabupaten Deli Serdang, dimana dirinya berpasangan dengan Lom Lom Suwandono mencalonkan sebagai bupati dan wakil bupati. Meraka didukung dari Partai gemuk, dari Partai Gerindra, PDI-P, Partai Golkar, PBB, PSI, dan secara resmi telah mendaftar ke KPU Deli Serdang pada hari kedua setelah dibukanya pendaftaran mulai dari tanggal 27-29 Agustus 2024.


Namun sayangnya, sampai saat ini statusnya sebagai Kadis Kesehatan Kabupaten Deli Serdang masih di pertanyakan, apakah sudah mengundurkan diri atau masih aktif.


Sementara, saat di konfirmasi kepada Kepala BKD SDM Kabupaten Deli Serdang, Drs. M. Abduh Rizal Siregar baru-baru ini, membenarkan bahwa Kadis Kesehatan tersebut pada tanggal 1 Agustus 2024 sudah mengusulkan pengunduran diri dari ASN.                   

"Saat ini pengunduran Asri Ludin sebagai ASN dan orang nomor satu di Dinas Kesehatan Deli Serdang, sedang dilakukan proses. Sampai saat ini belum ada  penghunjukan siapa Plt nantinya sebagai penganti di Dinas Kesehatan tersebut," sebut Abdul Rizal Siregar.   


Menanggapi hal tersebut, Sekretaris LSM Jaringan Masyarakat Bawah (Jaga Marwah), Propinsi Sumatera Utara, Ucok Ridin saat ditemui awak media mengatakan, PJ. Bupati Deli Serdang, Ir. Wirya Arrahman seharusnya sudah melakukan pencopotan tugas Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr.Asri Ludin Tambunan dan menghunjuk pelaksana tugas pada dinas tersebut.


"Tidak harus menunggu KPU Deli Serdang untuk mengumumkan sampai menjadi calon tetap sebagai calon bupati," tegas Ucok Ridin saat di mintai tanggapannya, Jum'at (30/08/24) 


Ditambahkannya, kita tidak mau nantinya calon bupati tersebut menggunakan fasilitas negara, karena itu bukan milik pribadi, itu milik rakyat.


"Kalau Asri Ludin tidak mundur dari jabatannya sebagai Kadis Kesehatan, takutnya nantinya tidak terfokus dengan kinerjanya dan tanggung jawabnya sebagai Kadis pada bawahannya. Dan hanya terfokus kepada pencalonannya sebagai Bupati Deli Serdang," ungkap Ucok Ridin.


Menurutnya dalam hal ini, Pj. Bupati Deli Serdang harus berani untuk mencopotnya dan menggantinya dengan yang lain, dan melakukan koordinasi dengan Mendagri sebagai pengambil keputusan.


"Soalnya masyarakat Deli Serdang saat ini meminta kepada Pj. Bupati agar dalam Pemilukada ini harus bertindak netral dan tidak berpihak kepada satu calon," pungkasnya.


(red)