KPU Medan Gelar Coffee Morning Bersama Ratusan Awak Media Dalam Pilkada 2024

KPU Medan Gelar Coffee Morning Bersama Ratusan Awak Media Dalam Pilkada 2024

Selasa, 10 September 2024

KPU Medan mengelar Coffe Morning dengan para awak media di Hotel Polonia Jalan Sudirman Medan. (doc-ist)

Metro7news.com|Medan - Acara Coffe Morning yang dibuka oleh Bobi mewakili Ketua KPU Medan bahwa peran media sangat besar dalam berlangsungnya Pilkada wali kota dan wakil wali kota di Hotel Polonia Jalan Sudirman Medan, Senin (09/09/24).


Pihak KPU meminta dilaksanakannya Coffe Morning ini untuk meningkatkan sinergitas KPU Medan dengan para awak media.


Sementara, pihak KPU juga meminta agar saat awak media dalam liputannya agar melakukan konfirmasinya dua arah, agar tidak ada kesalahan dalam pemberitaan.


Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Utara, Eris Napitupulu, juga turut hadir sebagai pembicara utama dalam kegiatan ini. 


Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya peran media online dalam penyajian berita yang informatif dan akurat, berbeda dengan konten yang sering muncul di media sosial.


“Media online harus sportif dalam menyajikan berita, karena media online berbeda dengan media sosial. Di media online, tidak semua informasi bisa ditampilkan kepada publik seperti halnya di media sosial yang bersifat lebih pribadi,” ujar Eris.


Lebih lanjut, ia juga mengingatkan para jurnalis untuk bijak dalam memilah informasi yang layak dipublikasikan, agar tidak mencampuradukkan berita yang kredibel dengan konten bersifat pribadi yang sering ditemukan di media sosial.


Eris juga menggarisbawahi pentingnya peran media online dalam menyukseskan Pilkada 2024, mengingat media memiliki kekuatan dalam membentuk opini publik.


Tidak hanya membahas tentang penyajian berita, Eris juga menyinggung soal imbalan atau penghargaan yang pantas bagi jurnalis yang terlibat dalam pemberitaan Pilkada. Ia membandingkan kondisi imbalan kerjasama media di luar Sumatera, seperti di Jawa dan Aceh, yang menurutnya lebih tinggi dan layak dibanggakan.


“Imbalan yang diterima media melalui kerjasama di daerah lain sangat membanggakan. Kita berharap di Sumatera Utara, khususnya Medan, media juga bisa mendapatkan imbalan yang sewajarnya,” tambahnya.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara KPU Medan dengan media online dalam memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat, demi tercapainya Pilkada yang sukses dan demokratis di Kota Medan.


(BS)