Ratusan Atlet Pickleball Siap Unjuk Prestasi di PON XXI Aceh-Sumut

Ratusan Atlet Pickleball Siap Unjuk Prestasi di PON XXI Aceh-Sumut

Kamis, 12 September 2024


Ratusan atlet bersama para ofisial dari 15 provinsi di Indonesia sudah tiba di Medan, Minggu (08/09/24), untuk mengikuti pertandingan cabang olahraga (Cabor) eksibisi Pickleball yang digelar di Lapangan Tenis Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Universitas Negeri Medan (Unimed) di Jalan William Iskandar Pasar V, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. (doc-ist)

Metro7news.com|Medan - Ratusan atlet bersama para ofisial dari 15 provinsi di Indonesia sudah tiba di Medan, Minggu (08/09/24), untuk mengikuti pertandingan cabang olahraga (Cabor) eksibisi Pickleball yang digelar di Lapangan Tenis Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Universitas Negeri Medan (Unimed) di Jalan William Iskandar Pasar V, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. 


Para atlet itu dijamu dalam acara Gala Dinners yang dilaksanakan di Loby Biro Rektor Unimed dan bertujuan mensukseskan PON XXI di Aceh-Sumut, terutama untuk memajukan cabang olahraga Pickleball yang pada PON 2024 kali ini masih menjadi Cabor yang eksebisi. 


Para atlet yang berasal dari 15 provinsi yang hadir dari Sumut, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat Daya, Papua, Banten, Yogyakarta dan Gorontalo.


Acara yang berlangsung penuh keakraban turut dihadiri Prof. Dr. Komaruddin, M.SI, Ketua Umum Pengurus Besar Indonesia Pickleball Federation (PB IPF) yang juga sekaligus Rektor UNJ, dan Sekjen M. A. Alrdha, S.Pd, M.Ed, Ph.D, dan jajaran.


Hadir juga, Ketua Umum Indonesia Pickleball Federation (IPF), Sumut, H Azmi Yuli Sitorus, SH., MSP, dan jajaran.

Apresiasi

Ketua PB IPF, Prof Dr. Komaruddin, M.SI dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya eksibisi Pickleball pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dibuka resmi, pada Senin (09/09/24) pukul 19.00 WIB di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut, tepatnya di Deli Serdang.


Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada rektor, ketua senat dan seluruh pimpinan Unimed atas diterimanya mereka dalam acara Gala Dinner di Kampus Unimed. 


"Kami sangat berharap agar seluruh pimpinan Unimed bersama seluruh civitas dapat mendukung dan berkolaborasi bersama agar Cabor Pickleball dapat terus maju dan berkembang. Kita sama-sama sangat berharap, walau Cabor Pickleball para PON XXI di Aceh-Sumut ini masih sebagai Cabor yang dieksibisikan," pintanya.

Selamat Datang

Sementara, Rektor Unimed, Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd menyampaikan selamat datang kepada Ketua Umum PB IPF  bersama seluruh pengurus besar, pengurus provinsi dan ratusan para atlet.


"Kita harus yakin Cabor Pickleball tahun-tahun depan akan semakin maju dan mengukir prestasi di kancah dunia;" kata Rektor Unimed.


Senada, Ketua Umum Indonesia Pickleball Federation (IPF) Sumatera Utara, H Azmi Yuli Sitorus, SH., M.SP, berterima kasih atas dukungan dari Rektor Unimed dan jamuan temu ramah bersama kontingen dari 15 provinsi, sebelum bertanding memperebutkan medali emas, perak dan perunggu.


Kepada Unimed melalui Rektor Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd, dan Ketua Senat Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd, Azmi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi, karena telah memberikan fasilitas serta dukungan kepada IPF, dalam pelaksanaan eksibisi PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.

Berjalan Maksimal 

Pihaknya optimis dengan fasilitas yang diakomodir pihak Universitas, pelaksanaan dengan persiapan dapat dilakukan secara maksimal.


“Dan kita tentu saja siap melaksanakan pertandingan sebagai tuan rumah eksibisi cabang olahraga Pickleball PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut,” tandas Azmi, yang juga Anggota DPRD Sumut Partai Gerindra Dapil Sumut 4 Tebingtinggi-Sergai ini.


Azmi juga memberikan semangat kepada para atlet untuk giat berlatih secara maksimal agar meraih medali di PON XXI nanti.


Dia juga meminta para atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding dan tetap mengharumkan nama baik Sumut sebagai tuan rumah bersama Aceh di PON XXI nanti.


Selain itu, Azmi berharap Pickleball tidak lagi jadi eksibisi atau uji coba, melainkan jadi salah satu cabang olahraga resmi PON XXII di Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2028.


Pickleball merupakan eksibisi cabang olahraga gabungan dari tiga olahraga, yakni tenis lapangan, badminton, dan tenis meja atau pingpong, yang ikut dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, yang diikuti 15 provinsi di Indonesia.


Acara Gala Dinner ditutup dengan ramah tamah bersama dan hiburan musik khas Batak Sumatera Utara.


(BS)