SMK Negeri I Medan Akan Persiapkan Magang Siswa Sebanyak 15 Orang ke Jepang

SMK Negeri I Medan Akan Persiapkan Magang Siswa Sebanyak 15 Orang ke Jepang

Kamis, 12 September 2024

SMK Negiri I Medan.

Metro7news.com|Medan - SMK Negeri I, Jalan Sindoro Medan, Tahun 2024 ini akan mempersiapkan siswanya untuk magang ke Jepang. Hal tersebut dikatakan Kepala SMK Negeri I Medan, Ibu May Gloria S. Meliala, S.Pd., MM kepada wartawan saat di konfirmasi.


"Benar, pada tahun ini SMK Negeri I Medan akan memberangkatkan siswanya sebanyak 15 orang pada ke Jepang," ucap May Gloria S Meliala melalui Waka Humasnya, Jenri Saragih, S.Pd., MPd kepada wartawan, Kamis (12/09/24). 


Menurutnya, SMK Negeri I Medan  tahun ini mendapat kesempatan dari Kemendikbud, Riset, dan Teknologi untuk magang ke Negara Jepang


Sementara saat ini, pihak SMK Negeri I Medan mempersiapkan anak-anak untuk memberi pelajaran Bahasa Jepang. Sedangkan mengenai dananya dibantu oleh Kemendikbud, Riset, dan Teknologi yang langsung diberikan kepada siswa. 


Rencananya untuk seleksi pertama ada sekitar 40 siswa, namun yang berhasil lolos sebanyak 15 orang dan sekarang sedang  mengikuti pelatihan Bahasa Jepang sampai mendapatkan sertifikat level N 5 dari Yayasan Jissho.


"Bagi siswa yang terpilih ikut magang ke Jepang akan dilatih berbahasa Jepang di Yayasan Jissho selama 3 bulan lamanya. Selanjutnya baru di berangkatkan ke Jepang," tambah Jenri Saragih.


Namun, lanjut Jenri Saragih, bagi siswa yang belum mampu berbahasa Jepang, Yayasan Jissho tersebut akan terus melatih sampai siswa tersebut mendapat sertifikat N.5-nya.


"Mengenai keberangkatan siswanya nanti, Yayasan Jissho akan menghubungkan ke perusahaan Jepang untuk melihat langsung siswanya sampai selesai pendidikannya," imbuh Jenri Saragih.


Tambahnya, bagi siswa yang mengikuti seleksi harus sehat jasmani dan rohani dan tidak memakai kaca mata.


Bagi siswa yang belum mampu berbahasa Jepang, maka akan terus dilatih sampai mampu berbahasa Jepang dan dibantu oleh Kemendikbud, Riset, dan Teknologi, terkait fasilitas semua ditanggung oleh perusahaan.


(BS)